Dukung UMKM Ekspor Kopi, Bea Cukai Bengkulu Sosialisasikan Layanan Pos Ekspor

Dukung UMKM Ekspor Kopi, Bea Cukai Bengkulu Sosialisasikan Layanan Pos Ekspor

Selasa, 05 November 2019 | By KPPBC TMP C Bengkulu

Bengkulu (05/11) – Bertempat di Aula Raffles City Hotel, Bea Cukai Bengkulu sosialisasikan Pos Ekspor dalam acara Workshop dan Temu Usaha Pelaku UMKM Bidang Kopi se-Kota Bengkulu pada Senin 04 November 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang Pos Ekspor sekaligus mengenalkan dunia ekspor kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sehingga mendukung dan memotivasi mereka untuk dapat melakukan ekspansi pemasaran produk unggulan Provinsi Bengkulu (kopi) hingga ke luar negeri dengan mengekspor secara langsung melalui Provinsi Bengkulu ini sendiri. Pos Ekspor ini sendiri juga merupakan bentuk perhatian dan dukungan pemerintah terhadap para pengusaha dalam memajukan sektor usaha produk lokal sehingga menjadi lebih dikenal di dunia internasional sebagai produk unggulan yang tidak diragukan lagi kualitasnya.


Puluhan pengusaha kopi hadir sebagai peserta dalam acara workshop yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu ini. Dalam kesempatannya, KSBU Bea Cukai Bengkulu, Adi Bowo Wijaya selaku narasumber memberikan pemaparan terkait layanan Pos Ekspor yang sudah diluncurkan sejak Oktober 2018 lalu. Mengawali penyampaian materi, Adi menjelaskan bahwa Pos Ekspor ini merupakan bentuk komitmen pemerintah, yaitu Bea Cukai Bengkulu bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Institusi terkait lainnya dalam mendukung dan memajukan sektor UMKM di Provinsi Bengkulu, sehingga akan menjadi exit point yang memudahkan para pengusaha untuk mengekspor produk mereka ke luar negeri secara langsung dari Provinsi Bengkulu ini sendiri dan juga biayanya jauh lebih murah. Kemudian ia menjelaskan pula syarat dan ketentuan dari layanan Pos Ekspor.

"Saat ini pasar dunia siap menyerap produk UMKM Indonesia, termasuk Provinsi Bengkulu yang terkenal dengan produk kopi. Ini merupakan tantangan bagi para pengusaha, sehingga perlu adanya pemahaman seputar ekspor beserta ketentuan-ketentuannya. Pengusaha juga harus benar-benar mengenali komoditas produk mereka itu sendiri, dan memperkuat sinergi antara pengusaha dan pemerintah untuk memajukan sektor UMKM. Mari manfaatkan layanan Pos Ekspor." Tegas Adi.


Selain itu, ia juga menyampaikan tentang pengelompokan ekspor, syarat-syarat menjadi eksportir, dan memperkenalkan sekilas tentang Bea Cukai khususnya Bea Cukai Bengkulu serta Tugas Pokok dan Fungsi DJBC.



Share On :